Berlari Tanpa Alas Kaki Itu Lebih Baik

Posted: 1 March 2010 in Uncategorized

Hentikan membuang waktu untuk berbelanja sepasang sepatu lari yang nyaman! Sebuah studi Universitas Glasgow menunjukkan bahwa berlari tanpa menggunakan alas kaki lebih baik.

Peneliti menemukan bahwa dengan bertelanjang kaki, pelari akan cenderung mendaratkan kakinya di pertengahan kaki. Sedangkan jika menggunakan sepatu, pelari cenderung mendaratkan kakinya di tumit mereka. Tes yang dilakukan menunjukkan, lari tanpa menggunakan alas kaki lebih aman, dapat mengurangi risiko cedera lutut dan pergelangan kaki.

Berlari dengan menggunakan sepatu memiliki teknik berbeda dengan berlari tanpa menggunakan alas kaki. Pelari yang menggunakan sepatu diperkirakan menyentuhkan tumit mereka ke tanah 1000 kali per mil. Sedangkan pelari yang tidak menggunakan alas kaki melakukan penggeseran langkah yang lebih halus. Hal itu menunjukkan kinerja luar biasa lari dengan bertelanjang kaki.

Abebe Bikila, atlet lari Ethiopia meraih medali emas maraton Olimpiade 50 tahun lalu dengan bertelanjang kaki. Para peneliti mengatakan lengkungan kaki kita menjadi kuat dengan evolusi dan berfungsi sebagai shock-absorber yang besar. Ahli mendorong orang-orang yang akan dikonversi untuk berjalan dengan bertelanjang kaki karena mereka akan melakukan transisi bertahap dan lancar karena berjalan seperti itu melibatkan otot-otot yang berbeda daripada berjalan dengan menggunakan sepatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s